Minggu, 22 April 2012

Saya niatkan untuk terus belajar dan memperbaiki cara pandang saya dalam hidup dan berbisnis

Terkadang ada banyak kesempatan untuk menimba ilmu melalui acara seminar2 yang sering kali saya lewatkan. Bisa jadi, karena faktor waktu, biaya, lokasi, tema yang kurang menarik, pemateri dll yang menyebabkan saya tidak bisa mengikutinya.

Selama 2 hari kemarin tanggal 21-22 April 2012 bisa dibilang kejadian yang tidak direncanakan untuk saya dalam mengikuti acara Gebyar Wirausaha di Surabaya. Faktor lokasi, biaya dan teman berangkat menjadi kendala utama saat itu. Tidak disangka pagi harinya saya disms oleh teman saya "Mas Atok" alumni dari e-camp 47 di Batu dulu untuk berangkat bersama dia ke acara tersebut. Kebetulan juga dia bawa mobil kesana, jadi saya putuskan untuk ikut menimba ilmu bersama di acara tersebut.

Setelah selesai mengikuti acara tersebut, saya tergerak untuk terus belajar dan menimba ilmu dan memperbaiki cara pandang saya dalam hidup dan berbisnis. Untuk itu saya bertekad untuk menuliskan setiap perkembangan yang saya peroleh, baik mendapatkannya secara formal maupun non formal, tujuan utamax adalah untuk memantau perkembangan ilmu yang sudah saya dapatkan sampai sejauh ini, karena sukses itu adalah menjadi lebih baik dari sebelumnya, lalu tujuan berikutnya adalah dengan sharing ilmu kepada orang lain semoga bisa saling melengkapi ataupun bisa bermanfaat bagi yang membacanya.. amiin.
 


Hari 1 para pematerinya adalah Rangga Umara, yang saat ini sudah memiliki omzet 7,8 M per bulan dari usaha kulinernya. Beberapa poin yang saya pelajari adalah : 

1. Alur yang pasti dialami setiap orang saat menjalani wirausaha itu : Action - Masalah - Evaluasi - Solusi - Action - dst (kembali begitu terus). Jika saat ini anda punya masalah, maka lakukanlah evaluasi, dan temukan apa solusi yang cocok dengan masalah tersebut, lalu lakukan aksi. Setelah itu jika muncul masalah baru, lakukan evaluasi lagi, temukan solusi, dan lakukan aksi, begitu terus hingga kesuksesan itu dapat tercapai. 

2. Fokuslah memaksimalkan kelebihan dari usaha kita masing2. Jangan terlalu takut dengan banyaknya saingan-saingan, tapi terus fokus meningkatkan kelebihan2 dari usaha kita.

3. Bersahabat dengan media, yaitu dengan cara bikin sesuatu yang berbeda, media dengan senang hati akan meliputnya.

4. Membuat persepsi pasar, misal dengan membuat kesan tempat kita seolah2 rame, bisa dengan mengajak teman2 kita untuk berlama2 di usaha kita, membuat papan reklame dari tokoh2 terkenal, dll.

5. Yang terakhir adalah berusaha bertahan dari segala masalah yang ditemui, dan menikmati setiap proses yang ada. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar