Jumat, 30 Maret 2012

TIPS AGAR MENULIS SKRIPSI LANCAR




Ada beberapa tips dan langkah yang harus anda ingat dan lakukan jika menginginkan proses penulisan skripsi anda lancar, yaitu :

1. Menulis sesuai kemampuan

Besar belum tentu cantik, kecil belum tentu indah, ukuran “pas” menjadi dasar anda saat pertama kali misalnya memilih baju di toko. Demikian dengan menulis skripsi, kalau kapasitas botol kita 10 liter jangan diisi 30 liter, kalau “pas” dengan 30 halaman jangan menambah-nambah sampai 100 halaman.

2. Menulis yang mudah

Umumnya orang ingin yang mudah-mudahnya saja, lagi pula dosen juga akan senang membaca dan mengoreksi yang mudah-mudah saja. Mulailah dari paragraf yang paling sederhana, dari sumber data yang paling mudah dijangkau, sedikit demi sedikit.

3. Jangan ditunda
Ingatlah tidak ada waktu lain yang paling mungkin untuk memulai kecuali saat ini. Akan ada banyak halangan yang sewaktu-waktu datang tidak terduga, hingga mengganggu dan menghambat proses penulisan skripsi. Bisa saja esok anda sakit, ada undangan pernikahan, acara keluarga, pacar ngajak jalan-jalan, atau ada musibah di kampus, ada perang atau ancaman lainnya.

4. Berjanji menulis kontinyu

Tetapkan jadwal waktu penulisan skripsi, setelah istirahat kembalilah ke depan komputer dan lanjutkan pekerjaan anda.

5. Menulis mandiri


Terkadang anda manja bekerja dengan dalih menunggu orang lain melakukan sesuatu terlebih dahulu, misalnya menunggu atau mengemis bantuan orang lain. Semua itu membuat anda terjebak dalam kesempatan yang sia-sia. Anda berada dalam posisi menggantung. Akhirnya anda tidak lekas memulai.

6. Teliti dan hati-hati
Karena jika salah langkah, akibatnya akan sangat menghambat proses skripsi anda. Data penting harus dijaga ketat, jangan lupa untuk selalu mem-back up data di media terpisah secara berkala. Ancaman virus atau hardisk rusak sering terjadi.

7. Jangan mudah menyerah

Badai pasti berlalu, tsunami pasti kan berhenti. Maka jangan menyerah, karena hidup adalah anugerah. Sesulit apapun rintangan yang ada, dari teman, dosen, keluarga dan tentu saja diri sendiri, pasti dapat anda hadapi.









2 komentar: